Windows Tak Akan Dukung Smartbook

Aduh,,, kan saya udah memberikan informasi tentang Portable Smartbook katanya Microsoft tak akan membuat versi Windows untuk smartbook, konsep perangkat baru yang diperkenalkan dalam ajang Computex di Taipei, Taiwan.

"Perusahaan tak punya rencana mengeluarkan versi Windows yang bekerja di atas platform ARM," kata Steve Gugenheimer, pimpinan divisi OEM Microsoft dalam wawancara di ajang Computex. Selama ini, sistem operasi Windows didesain untuk bekerja pada set instruksi x86 yang digunakan Intel dan AMD saja.

Sementara Smartbook menggunakan mikroprosesor berbasis ARM seperti buatan Qualcomm, Freescale, dan Texas Instruments. Sejumlah vendor komputer tengah mengadopsi konsep desain smartbook yang diposisikan antara smartphone dan netbook.

Microsoft sebenarnya telah mengembangkan versi Windows Mobile yang dapat bekerja dengan chip ARM. Namun, sejauh ini tidak punya rencana untuk mengimpelementasikannya pada kelas produk yang disebut smartbook. Alasannya, potensi pasarnya dinilai masih belum jelas.

Tidak adanya pilihan Windows, mebuka peluang lebar-lebat bagi sistem operasi open source seperti Linux untuk mengambil peran. Beberapa vendor bahkan sudah memamerkan konsep desain awal smartbook menggunakan Android, sistem operasi besutan Google.(PCWorld)
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.


0 komentar:

Posting Komentar